09 Mei 2008

Emisi gas CO2

Seperti yang telah kita ketahui bersama tentang masalah pemanasan global/global warming, kini permasalahan tersebut semakin membersar dan tak terkendali. Efek-efek dari pemanasan global kini tak lagi dapat ditangani, bahkan dihindari. Berbagai macam efek besar yang sangat merugikan kita kini dapat kita "Nikmati" bersama, dari bencana-bencana alam yang kerap terjadi, hingga iklim yang kini tak lagi "Seperti dulu".

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perkembangan tingkat pemanasan global adalah hasil emisi gas CO2. sadarkan kita berapa kandungan CO2 yang kita hasilkan setiap hari? baik itu dari hasil pembakaran bahan bakar untuk kendaraan, untuk proses industri, dan untuk kepentingan-kepentingan lainnya. Sungguh sangat besar jumlah gas CO2 yang kita hasilkan setiap harinya, pernahkah anda bayangkan mengalikan jumlah gas CO2 yang kita hasilkan setiap harinya dengan jumlah penduduk seluruh bumi ini?.


Berdasarkan data yang dikutip dari treehugger.com, emisi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar mencapai 8,28 GtC (gigaton karbon) pada tahun 2006. Ini merupakan angka yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan data pada tahun 2000. Peningkatan sebesar 20% merupakan peningkatan yang sangat luar biasa. Jika kita telusuri lebih jauh, pernignkatan emisi gas CO2 sudah berkembang sejak adanya revolusi industri 200 tahun yang lalu. Tapi apakah kita harus menghentikan perkembangan industri demi menyelamatkan bumi kita? Ataukah kita harus terus mengembangkan sektor industri kita tanpa mempedulikan efeknya yang sangat buruk bagi bumi kita? semestinya ada solusi untuk memecahkan permasalahan umum ini.



0 Goresan pena kawan:

ShareThis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP