09 Juni 2008

Pecinta alam dan Petualang

"Wah, baru turun gunung ya???kamu memang pecinta alam sejati". Itulah kata-kata yang sering kali diucapkan seorang teman saat melihat temannya pulang dari perjalanannya di alam bebas. Bahkan hampir setiap orang kini beranggapan bahwa seorang yang mempunyai hobby/kebiasaan bergulat dengan alam bebas/liar, adalah seorang pecinta alam. Apakah anggapan seperti itu memang benar???

Memang pada umumnya setiap organisasi pecinta alam selalu rutin mengadakan kegiatan di alam bebas/liar. Namanya juga organisasi pecinta alam. Dan pada kenyataannya hampir setiap anggota pecinta alam pasti pernah berpetualang di alam bebas/liar, dan mungkin bagi anggota pecinta alam yang belum pernah berpetualang akan dianggap "anak bawang" dan mungkin akan selalu di cemooh.

"Udah naik mana aja ???Udah ngarung mana aja???Udah nyusur mana aja???Udah manjat mana aja???". Pertanyaan itu seakan tak pernah lepas dari obrolan para pecinta alam. Track record masing-masing individu memang selalu menjadi kebanggaan tersendiri. Semakin banyak track record seseorang, maka biasanya ia semakin dianggap mahir.

Namun apa yang selama ini telah menjadi keyakinan masyarakat bahwa seorang petualang adalah pecinta alam, dan seorang pecinta alam adalah seorang petualang, tidak benar menurut saya. Antara pecinta alam dengan petualang adalah 2 hal yang berbeda. Dari sisi tujuan, cara kerja, dan tindakan yang dilakukan sangat berbeda.

Meskipun begitu, sebagian besar Pecinta alam juga seorang petualang, begitu juga sebaliknya. Mungkin karena biasanya sebagian besar pecinta alam menerapkan segala tujuannya di alam bebas yang liar. dan seorang petualang akan merasakan indahnya alam ini dan akan semakin mencintainya.

Pada dasarnya seorang petualang selalu membutuhkan sebuah petualangan yang menantang baginya, sehingga semakin besar tantangan yang dihadapinya, semakin dia terpacu semangatnya. Seperti contohnya pengarungan sungai. Semakin tinggi grade/ tingkat kesulitan sungai, maka semakin tinggi pula keinginannya untuk menaklukkannya.

Sedangkan seorang pecinta alam memiliki tujuan yang berbeda dengan seorang petualang. mereka memiliki tujuan untuk menjaga alam ini tetap sehat, indah, dan nyaman. Mereka menerapkannya dengan caranya masing-masing. baik yang terjun langsung ke alam, menyerukan ajakan mencintai alam, dan upaya-upaya yang lain.

Beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah film dokumenter di stasiun televisi swasta yang berjudul "Earth from above". disitu di tunjukkan upaya para orang-orang pecinta alam untuk menjaga alam ini. mulai dari penghijauan di gurun yang gersang, warga Israel yang mengolah dan menjaga perairan untuk penduduk desa di Palestina, hingga seorang wanita berusia 70an tahun yang menjaga kemurnian air di daerah terpencil dari campur tangan industri. Mereka itu yang lebih patut kita sebut sebagai seorang pecinta alam sejati.



0 Goresan pena kawan:

ShareThis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP