08 Juni 2009

Hari Laut Dunia


Mungkin hanya sedikit sekali dari masyarakat Indonesia yang mengetahui Hari Laut Dunia (World Oceans Day) yang jatuh tepat pada hari ini -08 Juni 2009-. Peringatan hari laut dunia ini sepertinya memang tidak banyak di rayakan oleh masyarakat seluruh dunia khususnya Indonesia, mungkin dikarenakan kurang populernya hari laut dunia. Sangat disayangkan mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki perairan yang luas dan kekayaan bawah lautnya yang luar biasa.

Hari Laut Dunia telah ditetapkan sejak tahun 1992 pada The United Nations Conference on Environment and Development (Earth Summit) di Rio De Janeiro, Brazil. The Ocean Project bekerjasama dengan World Ocean Network untuk membangun kesadaran pada seluruh masyarakat akan pentingnya peranan laut dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Penetapan hari laut dunia ini berbeda dengan hari laut yang dirayakan di Jepang pada 26 Juni setiap tahunnya.

Hari Laut Dunia memberikan kesempatan bagi seluruh umat manusia untuk terlibat langsung dalam melindungi masa depan yang lebih baik dengan pemikiran baru yang tentunya diikuti dengan tindakan dan keterlibatan seperti operasi bersih pantai, program pendidikan, kontes seni, festifal film, dan berbagai cara lain untuk memberikan kesadaran akan pentingnya kelestarian laut bagi masyarakat luas.

Masih hangat sebenarnya ingatan kita dengan perayaan hari lingkungan hidup dunia (Earth Environment Day) yang diperingati pada 05 Juni (tiga hari yang lalu) setiap tahunnya, seharusnya dapat sedikit menumbuhkan rasa kesadaran bagi kita akan pentingnya kelestarian alam ini. Terlebih dengan adanya beberapa perayaan lain tentang kelestarian alam seperti Earth Hour (28 Maret) dan Earth Day (22 April) yang juga hanya beberapa minggu berselang. Mulailah dari hal kecil saja

Sudah saatnya melestarikan laut yang menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia yang tidak dimiliki negara-negara lain di dunia. Sudah saatnya Indonesia memberikan sebuah langkah tepat bagi Alam ini.

"Our Ocean, Our Responsibility"
"One Ocean, One Climate, One Future"



blog comments powered by Disqus

ShareThis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP