05 Juni 2009

The World Environment Day



Bumi sudah semakin tua dan membutuhkan uluran tangan kita. Itulah sebabnya beberapa organisasi dan lembaga didirikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian alam ini. Tak hanya sebatas organisasi dan lembaga yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan, aksi ini pun diperingati oleh masyarakat seluruh dunia pada hari yang telah ditetapkan sebagai Earth Day, Earth Hour, dan World Environment Day.

Hari ini -05 Juni 2009- merupakan hari lingkungan hidup sedunia (World Environment Day). World Environment Day merupakan salah satu usaha yang ditetapkan oleh PBB pada 05 Juni 1972 dibawah tanggung jawab United Nations Environment Program (UNEP) guna memperingati pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Kelestarian lingkungan memang hal yang cukup menarik jika diperbincangkan. Sebagian orang menganggap aksi seperti ini hanya membuang-buang waktu saja, dan sebagian orang menganggap aksi ini merupakan salah satu bentuk langkah mulia untuk menjaga kelangsungan hidup manusia di muka Bumi ini.
Sebenarnya apa sih manfaat dari hari-hari peringatan seperti ini bagi kelangsungan hidup sehari-hari?
Jika lebih dalam mengamati hasil yang diterima dari aksi ini, adalah sebuah gambaran kelangsungan hidup manusia yang asri dan penuh kebahagiaan, sertan tidak adanya kekerasan metropolitan yang dirasakan seperti saat ini. Gambaran tersebut dapat dirasakan ketika kita kembali kepada masa 20, 50, bahkan 100 tahun yang lalu, dimana pepohonan masih rindang menyelimuti kota, sungai-sungai mengalir jernih di pinggiran desa, anak-anak kecil berlarian senang diatas tanah yang segar.

Sangat berbeda dengan kenyataan yang terjadi saat ini. Emisi gas CO2 mengepul di tengah kota, sampah-sampah memenuhi sungai yang sudah terlanjur keruh, anak-anak kecil yang hanya boleh bermain permainan digital karena orang tuanya takut terjadi sesuatu di luar sana.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk memperbaiki semua yang sudah terjadi?
Waktu memang tidak dapat diputar kembali, kebutuhan hidup saat ini pun sungguh berbeda dengan saat "itu". Akan tetapi beberpa langkah-langkah hidup hijau sudah banyak di publikasikan untuk turut menjaga kelestarian lingkungan ini. Versi tips hidup hijau pun sangat beragam, dari mulai tips hijau bagi pekerja kantor, hingga tips hidup hijau bagi anak kost.

Jadi mengapa harus berkata tidak jika ternyata melestarikan lingkungan hidup ini tidak sesulit yang dibayangkan?



blog comments powered by Disqus

ShareThis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP