23 April 2009

Earth Day di Indonesia



Tepat 1 hari setelah perayaan hari kartini di Indonesia, masyarakat seluruh dunia merayakan Earth Day (Hari Bumi). Perayaan pada tanggal 22 April ini dilakukan guna mengingatkan kita akan pentingnya kelestarian alam kita yang semakin hari semakin rapuh karena kurangnya rasa peduli kepada kelestarian Bumi ini.

Akan tetapi, seperti yang kita semua ketahui, keberadaan Earth Day di Indonesia kurang begitu populer. Masih sangat banyak masyarakat Indonesia yang lebih mengetahui keberadaan Valentine Day dibandingkan dengan Earth Day. Salah satu penyebab kurang populernya Earth Day di Indonesia adalah kurangnya dukungan dari Pemerintah kepada Earth Day. Ironisnya, Pemerintah kota Jakarta tahun ini telah melakukan dukungan bagi Earh Hour dengan mematikan lampu pada tanggal 28 Maret lalu. Namun tidak ada dukungan yang muncul guna memperingati hari Bumi atau Earth Day.

Sangat disayangkan sekali bahwa Earth Day kurang populer di Indonesia, karena justru di hari Bumi ini kita seharusnya semakin sadar akan pentingnya kelestarian Bumi, tetapi justru pemerintah kurang mendukungnya, dan bahkan ada seorang teman yang berkata "kado pemerintah di Earth Day adalah MENGELUARKAN IZIN PERTAMBANGAN DI AREA HUTAN LINDUNG", bukankah itu sangat menyedihkan.

Tercatat beberapa perusahaan besar sangata mendukung gerakan ini. sebut saja Google, Yahoo, dll. Mereka bahkan merubah logo produk mereka pada hari tersebut (lihat gambar di bawah).



Ada beberapa pertanyaan menarik yang dikutip dari sebuah thread di Kaskus.

  • apa pendapat anda tentang hari Bumi yg dirayakan hari ini?
  • apakah anda sudah merasa "peduli" thd bumi n lingkungan kita ini?
  • jika ya, apa yg sudah anda lakukan?
  • jika belum, apa yg akan anda lakukan?
  • apa pendapat anda thd orang yg "mengaku peduli" terhadap alam, bumi dan lingkungan sekitar tetapi tidak ada tindakan nyata sama sekali?
Bagaimana dengan anda??



8 Goresan pena kawan:

chie_luv_benzema Jumat, April 24, 2009 7:23:00 AM  

1. kNpa haRi buMi g tiaP haRi ajahh yakkzz???
2. buaT aq..smuaX ttap saja merasa 'kuraNg'
3. *uhhmmm...g usaH diceRitain ahh...*
4. *uhhmm....*
5. taLk less do moRe!!!!!!
6. saya??!!!akkhh..mas tiRta masiH lebiH baik dRi saya...

Tirta Kusuma Jumat, April 24, 2009 8:14:00 AM  

hmm, klo setaun sekali aja banyak yang gak peduli. apalagi tiap hari???hehehe


ups, aku gak lebih baik dari siapapun kok, semuanya sama..hehehe

wayan Jumat, April 24, 2009 5:09:00 PM  

hemm...emang sperti potret negeri ini,,padahal kan sudah banyak bncana disana sini,tp tetep aja kurang memperhatikan bumi ni..yahh..klw aku sih mendg mwmulai dari diri sendiri aja dan brsha ngengetin yg lain semampunya

Tirta Kusuma Jumat, April 24, 2009 6:46:00 PM  

yah, begitulah negara kita dalam sisi buruknya...saat mereka yang mewakili kita berada di bangku yang nyaman, mereka kurang peduli terhadap yang lain..
seperti perceraian 2 parpol baru2 ini yng mengakibatkan penurunan nilai rupiah di saat krisis global ini...

Ina Sabtu, April 25, 2009 4:18:00 PM  

Selamat hari bumi.
dan salam kenal. :)

Tirta Kusuma Sabtu, April 25, 2009 4:23:00 PM  

selamat hari bumi juga...salam kenal juga:D

apv Senin, April 27, 2009 12:42:00 AM  

,.haa,...haa,... artikel dgn tema yg sma,. tpi ternyata isinya berbeda.,...
memang agajk ironis bila peduli terhadap alam hanya pada saat hari bumi saja, tetapi setidaknya setiap tahun bisa mengingatkan orang orang yang belum sadar akan bahaya kerusakan lingkungan, daripada ngak nyadar nyadar, bukankah begitu??

Tirta Kusuma Senin, April 27, 2009 10:19:00 AM  

setuju sekali...setidaknya kita masih mengingat bahwa bumi tempat kita berpijak seharusnya kita rawat sebaik2nya seperti merawat rumah masing2

ShareThis

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP